Suara Generasi Muda
MUI Dairi Keluarkan Imbauan Sholat Idul Fitri Berjamaah

MUI Dairi Keluarkan Imbauan Sholat Idul Fitri Berjamaah

Sidikalang (SGM)

Majelis Ulama Indonesia Dairi menyampaikan imbauan kepada seluruh umat Muslim, supaya melaksanakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1441 H atau pada Minggu (24/5), secara berjamaah di rumah masing-masing.

Demikian disampaikan Ketui MUI Dairi, Wahlin Munte kepada wartawan Jumat (22/5) di Sidikalang. Diakuinya, imbauan tersebut disampaikan melalui tausyiah dan nantinya akan diumumkan secara resemi kepada seluruh umat.

“Kalau ada yang ingin melaksanakan sholat idul fitri secara berjamaah di Masjid, Musholla, dan Langgar, wajib melaksanakan protokol kesehatan. Ini imbauan kami, sambil menunggu pengumuman resmi dari Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkan Munte, imbauan ini selaras dengan informasi dan data perkembangan peta sebaran Covid-19 di Provinsi Sumut dari Tim Gustu Covid-19 Provinsi Sumut. Dalam imbauan juga, MUI memberikan serta menentukan jadwal dan waktu melaksanakan sholat berjamaah mulai pukul 07.30 WIB, selesai pada pukul 08.15 WIB sekitar 45 menit.

“Kami sudah buat alokasi waktu, mulai dari persiapan sholat 10 menit, sholat 10 menit, khutbah 15 menit dan bubar atau kepulangan dari lokasi sholat 10 menit. Selain itu, jamaah juga memakai masker dan membawa sajadali masing-masing menjaga social distancing dan physical distancing serta tidak berlama-lama di masjid setelah melaksanakan ibadah,” tambahnya.

Imbauan tersebut juga ditembuskan kepada, DP MUI Provsu Medan, Forkopimda Dairi, Ketua Pengadilan Agama Sidikaiang dan Kakan Kemenag Dairi. Dalam imbauan itu, seluruh umat Islam di Dairi diharapkan menyambut hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H dengan mengumandangkan takbir, tahmid, tasbih dan tahlil, serta zikir dan doa dari tempat pelaksanaan slialat Idul Fitri sejak terbenam matahari.

“Kami juga mengharapkan dan menghimbau Umat Islam yang sedang sakit dan pendatang dari zona merah untuk shalat idhul Fitri di rumah masing-masing,” imbuhnya. (DM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *