Suara Generasi Muda
Film Pendek Lae Pendaroh  Tayang di Tangerang Selatan

Film Pendek Lae Pendaroh Tayang di Tangerang Selatan

Tangerang Selatan (SGM)

Film pendek Dairi yang berjudul Lae Pendaroh ditayangkan Senin (17/8/2020) di Drive in Senja, Alam sutera, Tangerang Selatan. Penayangan ini merupakan pertama kali di layar lebar untuk di luar Dairi. Sebelumnya film pendek tersebut telah disaksikkan oleh Bupati Dairi dan para pihak yang terlibat dalam pembuatannya Selasa (28/7/2020) melalui aplikasi zoom.

Film Lae Pendaroh hasil kolaborasi antara viu dan anak anak muda Dairi yang sebagian merupakan pelajar SMK HKBP Sidikalang dan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Sidikalang. Pemeran Karina adalah Lisken Rosiana Angkat, Lolo diperankan Umroh Pasaribu, Mesi Br. Sagala sebagai Ibu Karina, Uwech sebagai petani kemenyan, Rosiana Br. Sijabat sebagai penenun 1 dan Santi Br Tondang penenun 2.

Lae Pendaroh disutradarai Ribka Zai dibantu Direktur Fotografi Dio Fredy Lingga dan Paulan Manik, Penulis Naskah Chandi Sitinjak, Asisten Direktur 1 Nurhamidah Pandaingan, Asisten Direktur 2 Meliana Sijabat dan Novitri Tobing. Sedangkan Kontunitas Naskah Ahmad S Padang dibantu Sahdad Malau serta cerita asli oleh Chandi Sitinjak, Meliana Sijabat, Nurhamidah Pandaingan dan Ribka Zai.

Film pendek Lae Pendaroh berisi legenda Air Terjun Lae Pendaroh di jalan lintas Sidikalang-Medan. Kejadian-kejadian mistis diyakini akan terjadi kepada siapa saja yang tidak menjaga sikap dan kesopanan saat mengunjungi daerah sekitar air terjun tersebut. Sementara itu kain Ulos yang ditenun secara tradisional dipercaya dapat menjaga dan menyelamatkan para pengunjung dari marabahaya.

Penayangan Lae Pendaroh di Drive in Senja merupakan kolaborasi menarik. Drive in Senja adalah theater dengan konsep menonton di alam bebas dalam mobil. Jadi, penonton dapat menikmati suasana retro menonton dengan layar lebar namun dengan privasi. Jadi audio dari film yang akan ditonton dengan sedemikian rupa dapat dipasang lewat stasiun radio yang sudah ditentukan.

Tiket sendiri dapat dibeli secara online dengan paket makanan dan minuman yang dapat dinikmati di lokasi. Drive in Senja merupakan bentuk alternatif yang kreatif bagi penonton yang tetap ingin menikmati menikmati film, walaupun theater-theater tertutup dalam ruangan tidak dibuka akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Penayangan film Lae Pendaroh bersama dengan penayangan viu shorts exclusive yang lain adalah bentuk selebrasi dan apresiasi terhadap kekayaan budaya di Indonesia. Tidak hanya itu, Lae Panderoh Drive in Senja juga merupakan bukti nyata kreativitas anak-anak muda Indonesia, apalagi melihat bagaimana keduanya dipelopori dan dioperasikan langsung para generasi muda Indonesia. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *