Suara Generasi Muda
Bupati Dairi Resmikan Pencanangan 5 Kampung KB Sekaligus di Belang Malum

Bupati Dairi Resmikan Pencanangan 5 Kampung KB Sekaligus di Belang Malum

Sidikalang (SGM)

Bupati Dairi DR Eddy Keleng Ate Berutu meresmikan pencanangan 5 Kampung Keluarga Berkualitas (KB) sekaligus Kamis (24/9/2020) yang dipusatkan di Desa Belang Malum, Kecamatan Sidikalang, Dairi. Pencanangan Kampung KB dihadiri Komnas Perlindungan Perempuan dan Anak, Veryanto Sitohang, Forkopimda Dairi, Anggota DPRD Dairi, para pimpinan OPD Pemkab Dairi, para pimpinan Instansi Vertikal di Dairi, Ketua TP. PKK Kabupaten Dairi dan Ketua Dharma Wanita Persatuan.

Dalam sambutannya, Bupati Eddy Berutu menyampaikan bahwa membangun keluarga berkualitas dapat dilakukan melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) atau dalam branding sekarang dikenal dengan program Bangga Kencana.

“Kehidupan berkeluarga harus terencana dengan baik. Dimulai dengan perencanaan pernikahan, perencanaan kehamilan, perencanaan jumlah anak, pola pengasuhan anak dan perencanaan perekonomian keluarga. Pengendalian kelahiran yang terencana dan menyeluruh di setiap wilayah menjadi pijakan utama untuk mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas,” ujarnya.

Ditambahkannya, masalah kependudukan adalah permasalahan jangka panjang, negara-negara maju tidak lagi mengedepankan jumlah atau kuantitas anak, tapi lebih pada kualitas anak dan keluarga. Pertumbuhan penduduk yang tak dibarengi dengan penciptaan lapangan pekerjaan akan menjadi problem nasional. Karena itu, bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia seharusnya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan investasi.

Menurutnya, program Bangga Kencana dapat diterjemahkan sebagai pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di hulu, keberhasilan program di hulu akan memberikan dampak bagi terwujudnya SDM Indonesia yang unggul dan maju. Keluarga menjadi institusi yang sentral dan penting untuk kita berikan penguatan dan pemberdayaan.

“Pembangunan Kampung KB dititikberatkan pada pembangunan keluarga sejahtera, maknanya identik dengan pengentasan kemiskinan yang akan meningkatkan derajat kesejahteraan individu, keluarga dan masyarakat Kabupaten Dairi. Kita harus mempersiapkan generasi yang berkualitas dan berkarakter di Kabupaten Dairi”, ujarnya dilanjutkan dengan pemukulan gong tanda pencanangan.

Adapun pencanangan kampung KB Kabupaten Dairi tahun 2020 yaitu Kampung KB Desa Belang Malum Kecamatan Sidikalang, Kampung KB Desa Lae Ambat Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kampung KB Desa Lae Parira Kecamatan Lae Parira, Kampung KB Desa Sinampang Kecamatan Siempat Nempu dan Kampung KB Desa Sumbul Tengah Kecamatan Tigalingga. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *