Suara Generasi Muda
Direncanakan 2021 Pikades Serentak 106 Desa di Dairi

Direncanakan 2021 Pikades Serentak 106 Desa di Dairi

Sidikalang (SGM)

Direncanakan, Pemilihan Kepala Desa serentak dilaksanakan tahun 2021 di Kabupaten Dairi. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi, Drs Junihardi DR Siregar MM kepada wartawan, Kamis (8/10/2020) di ruang kerjanya.

Diakuinya, Pilkades akan dilakukan, bilamana dimungkinkan dengan regulasi dan aturan dari Kementertian Dalam Negeri (Mendagri). Sebelumnya, dalam surat bernomor 141/2577/SJ itu ditujukan kepada Bupati/Walikota di seluruh Indonesia dengan saran penundaan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan Pilkades antar waktu.

“Seyogiyanya, ada dua desa yang akan melaksanakan Pilkades antar waktu, namun ditunda hingga 2021. Sedangkan Pilkades serentak akan dilaksanakan 106 desa, kalau aturan dari Mendagri tidak melarang,” ujarnya.

Ditambahkan Siregar, selain penundaan Pilkades Antar Waktu (PAW), surat tersebut juga mengatur hal-hal yang berkaitan dengan protokol Nasional penanggulangan bahaya Covid-19. Disampaikannya, hal yang berkaitan dengan kunjungan kerja pada Kepala Desa atau menerima kunjungan dari dan ke daerah lain ditangguhkan dengan waktu yang akan diinformasikan kembali.

“Saat ini, Desa Tualang Kecamatan Sinehu dan Pegagan Julu III Kecamatan Sumbul, diisi oleh Pejabat. Kedua desa ini nantinya akan melakukan PAW 2021, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Kedua desa akan melaksanakan pemilihan dengan pembatasan jumlah atau utusan pemilih,” tambahnya. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *