Suara Generasi Muda
Setelah Ditunda, GKPPD Akan Gelar Sinode Akhir Oktober

Setelah Ditunda, GKPPD Akan Gelar Sinode Akhir Oktober

Sidikalang (SGM)

Sesuai dengan surat keputusan Pimpinan Pusat Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD) no: 074/SK/PS/XII/2019 tertanggal 16 Desember 2019, pengangkatan dan penetapan Panitia Sinode Sinunu GKPPD ke X tahun 2020, seharusnya Sinode dilaksanakan 1 Juni 2020 lalu.

Hal ini disampaikan Bishop GKPPD Pdt Elson Lingga MTh didampingi Sekretaris Jenderal Pdt Mangara Sinamo MTh, kepada wartawan Sabtu (10/10/2020) di kantor Pusat GKPPD, Jl. Air Bersih, komplek Sentrum GKPPD, Sidikalang, Dairi. Disampaikan mereka, penundaan dilakukan, sehubungan dengan pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia.

Penundaan pelaksanaan Sinode dituangkan dalam Peraturan Pimpinan Pusat GKPPD nomor 01/P/IV/2020 tentang penundaan jadwal pelaksanaan Sinode Sinunu X, tertanggal 1 Juni 2020, namun terjadi kejanggalan dalam perputaran roda organisasi termasuk pendanaan seluruh pengurus, Pendeta dan lainnya.

“Jabatan kami berakhir Juni 2020, sehingga dibuat Perpim Pusat menjadi Pelaksana harian. Dalam proses Plh, ada banyak tugas dan tanggung jawab yang tertinggal, termasuk pembiayaan para Pendeta dan penerbitan buku Almanak,” ujar Lingga.

Ditambahkannya, pelaksanaan Sinode Sinunu X sudah sangat mendesak dilakukan, sehingga mereka memilih waktu Jumat-Sabtu (23-24/10/2020). Waktu ini dinilai sangat ideal, karena masih memiliki tenggang waktu pelaksanaan Pemilukada di Pakpak Bharat.

“Sinode Sinunu X sebelumnya telah diputuskan pelaksanaannya di Balai Diklat Cikaok, STTU Julu, Pakpak Bharat. Pelaksanaan Sinode sudah kami putuskan berdasarkan berbagai pertimbangan, termasuk pengurangan waktu dari 5 hari menjadi 1 setengah hari dan pengurangan berbagai acara-acara,” tambah Lingga.

Ditambahkan Sinamo, Pemkab Pakpak Bharat telah menggelontorkan dana hibah untuk Sinode GKPPD sebesar Rp 250 juta. Demikian juga, panitia Sinode Sinunu X telah melakukan audensi untuk meminta izin pelaksanaan Sinode Sinunu X ke Pimpinan Pusat GKPPD, Rabu (7/10/2020) di Kantor Pusat GKPPD.

“Secara keseluruhan, pelaksanaan Sinode ini murni untuk kepentingan organisasi Gereja dan tidak memiliki kepentingan lain, apalagi kepentingan Pilkada. Kami hanya melihat dan memberikan pertimbangan pelaksanaannya, lebih ideal pada Oktober dari pada Desember,” sebut Sinamo. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *