Suara Generasi Muda
Bupati Dairi Tanam Jagung Bersama Dan Resmikan Pos Satkam Lingkungan Di Desa Kalang Simbara

Bupati Dairi Tanam Jagung Bersama Dan Resmikan Pos Satkam Lingkungan Di Desa Kalang Simbara

Kalang Simbara (SGM)

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Kapolres Dairi AKBP. Ferio Sano Ginting, S.I.K, MH dan Dandim 0206 Dairi Letkol. Arm. Adietya Y. Nurtono, SH melakukan kegiatan tanam padi bersama dan meresmikan Pos Satuan Keamanan (Satkam) Lingkungan di Desa Kalang Simbara Jumat (9/10/2020).

Sebelum melakukan penanaman jagung, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama dengan Kapolres Dairi dan Dandim 0206 Dairi dan mengunjungi Rumah Singgah Kampung Paten Desa Kalang Simbara dimana Rumah Singgah tersebut dijadikan sebagai tempat untuk para pasien covid-19 yang akan melakukan isolasi secara mandiri. Di tempat ini, Bupati Dairi mendapatkan penjelasan tentang keberadaan rumah singgah tersebut dari Kepala Puskesmas Batang Beruh Eva Sinulingga dan Camat Sidikalang.

Usai meninjau rumah singgah tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kapolres Dairi dan Dandim 0206 Dairi melakukan tanam jagung bersama di kawasan perladangan Dusun III Desa Kalang Simbara sebagai Kampung Tangguh Pangan dalam rangka program ketahanan pangan. Penanaman jagung tersebut dilaksanakan diatas lahan seluas 1 hektar dengan varietas jagung P32 dan Bisi18 yang bekerjasama dengan Distributor sebanyak 20 kg.

Dalam arahannya usai melakukan penanaman jagung, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan di tengah situasi pandemi covid-19 yang masih melanda hingga saat ini khususnya di Indonesia, Pemerintah harus dapat mengakselarasi pertumbuhan ekonomi agar tidak lagi menurun pertumbuhannya dengan tetap mempertahankan pada kondisi sekarang ini melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, sehingga pada tahun 2021 mendatang Pemerintah telah bersiap untuk mendorong kenaikan pertumbuhan tersebut. Salah satu strategi yang dilakukan dikatakan Bupati Dairi adalah dengan penanaman jagung yang telah dilakukan bersama dengan kelompok tani Desa Kalang Simbara.

“Sederhana tapi ini adalah strategi yang dilakukan karena ekonomi harus bertumbuh sehingga dapat meningkatkan kembali gairah para petani untuk bertani sehingga dapat menaikkan hasil produksi pertanian kita juga. Apa yang kita lakukan ini merupakan bagian yang sangat penting dalam pemulihan ekonomi nasional,” Ujarnya.

Selain itu, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu juga berharap akan adanya penyediaan lahan sebanyak 2 atau 3 hektar untuk dijadikan sebagai pusat pembibitan, demplot, pembuatan pupuk untuk masayrakat petani yang ada di Desa Kalang Simbara.

Usai melakukan penanaman jagung, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kapolres Dairi dan Dandim 0206 Dairi melakukan peresmian Pos Satuan Keamanan (Satkam) Lingkungan di Dusun VI dan VII Desa Kalang Simbara. Dalam peresmian tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bersama Kapolres Dairi dan Dandim 0206 Dairi memberikan secara simbolis baju pos Satkam kepada para petugas pos Satkam. Pos Satkam tersebut dibentuk atas arahan dari Kapolri Idham Azis dimana Pos Satkam harus diaktifkan kembali di setiap desa guna mendukung keamanan dan ketertiban warga di setiap desa.

Turut hadir dalam dua kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Dairi Ir. Efendi Berutu, Camat Sidikalang Robot Simanullang, Danramil 02/Sidikalang Kapten Kav. Warsimin, Kapolsek Sidikalang Sukanto Berutu, Kepala Desa Kalang Simbara Dra. Tetty L. Pasaribu, Tokoh Masyarakat Desa Kalang Simbara serta Jajaran Polres Dairi. (DM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *