Suara Generasi Muda
Butuh Dukungan Pemkab Pakpak Bharat untuk Kesuksesan Sinode Sinunu X GKPPD

Butuh Dukungan Pemkab Pakpak Bharat untuk Kesuksesan Sinode Sinunu X GKPPD

Sidikalang (SGM)

Dukungan dan izin dari Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk pelaksanaan Sinode Sinunu X Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi (GKPPD), merupakan salah satu bentuk kepedulian sekaligus menunjukkan fungsinya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Hal ini disampaikan Bishop GKPPD Pdt Elson Lingga MTh didampingi Sekretaris Jenderal Pdt Mangara Sinamo MTh, kepada wartawan Minggu (11/10/2020) di kantor Pusat GKPPD, Jl. Air Bersih, komplek Sentrum GKPPD, Sidikalang, Dairi.

Disampaikan keduanya, GKPPD sangat mengharapkan Sinode Sinunu X akan dilangsungkan sebelum Desember 2020, karena Sinode sudah tertunda selama empat bulan. Penundaan Sinode akan berakibat fatal pada perjalanan GKPPD mengingat Peraturan Pimpinan (Perpim) GKPPD telah menetapkan Bishop dan Sekjend hanya melaksanakan tugas harian. Sesuai dengan isi Perpim, keduanya tidak boleh melakukan tindakan strategis.

“Pimpinan Pusat GKPPD sangat mengharapkan kepastian dari Pj Bupati Pakpak Bharat, mengingat Panitia sudah bekerja selama sembilan bulan dan anggaran dana hibah dari Pemkab yang sudah diserahkan ke panitia,” ujar Lingga.

Ditambahkan Sinamo, Pimpinan dan Majelis Pusat GKPPD sudah memutuskan bahwa Sinode Sinunu X akan dilaksanakan sebelum gelaran Pilkada Pakpak Bharat dengan pertimbangan, karena Pilkada dilaksanakan 9 Desember 2020, sementara bulan Desember adalah bulan khusus Natal bagi umat Kristen.

“Dominasi panitia adalah Pendeta, Bibelvrouw, Diakones dan Penatua serta Pelayan lainnya. Sangat terganggu kalau Sinode dilaksanakan di bulan Desember. Selain itu, pelaksaan Sinode akan mematuhi protokol kesehatan, mengurangi jumlah peserta, mengurangi durasi waktu sidang, serta diawasi ketat sesuai protokol pencegahan Covid-19. (DM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *