Suara Generasi Muda
SMKN 1 Sidikalang Kelola 2 Milyar Rupiah Lebih Bangun COE

SMKN 1 Sidikalang Kelola 2 Milyar Rupiah Lebih Bangun COE

Sidikalang (SGM)

Pihak sekolah SMKN 1 Sidikalang salah satu penerima bantuan SMK Centre of Excellence (COE), merupakan langkah pembangunan yang kompleks, mulai dari pembangunan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Guru serta pengembangan SMK menjadi pusat keunggulan.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Sidikalang, Paulus Pandiangan Saing MPd kepada wartawan Senin (19/10/2020) di ruang kerjanya. Diakuinya, SMKN 1 Sidikalang adalah salah satu dari 90 SMK penerima bantuan dari 14.167 SMK di Indonesia.

“Saat ini, kita sedang mengerjakan bantuan Pemerintah fasilitasi SMK yang dikembangkan menjadi pusat keunggulan atau COE sektor hospitality tahun 2020. Ini tertuang dalam DIPA Satker Direktorat SMK Tahun Anggaran 2020 nomor : SP DIPA-023.18.1.690440/2020 dan Keputusan Direktur SMK nomor: 8734/D2.6/KU/2020,” urainya.

Ditambahkan Saing, pusat keunggulan SMK adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Hal ini juga diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), serta menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

“Pengembangan SMK yang menjadi pusat keunggulan dilakukan secara holistik yang mencakup keterlibatan IDUKA yang menyeluruh, Guru berkapasitas dan bersertifikasi yang diakui IDUKA sektor Hospitality, Kepala SMK yang inovatif dan mampu mengembangkan SMK, serta SMK memiliki sarana dan prasarana yang yang berstandar IDUKA sektor hospitality,” tambahanya.

Disampaikannya, SMK menjadi pusat keunggulan yang diakui IDUKA memiliki rekam jejak tingkat penyerapan lulusan di IDUKA, menjadi rujukan dalam metode pembelajaran peserta didik, pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan, spesifikasi sarana dan prasarana, serta menjadi pusat pengembangan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan bagi SMK lainnya.

Kondisi bangunan hotel milik SMKN 1 Sidikalang yang sedang dikerjakan.

“Kita bisa berbangga hati dan sangat beruntung, karena dengan program ini dapat meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan kejuruan sesuai dengan standar kompetensi keahlian dan standar IDUKA sektor Hospitality di SMKN 1 Sidikalang ini,” tambahnya.

Saing juga menuturkan, program COE bertujuan agar terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas pendidikan kejuruan, oleh pengguna dan pengelola, membangun citra baru SMK dengan menciptakan proses pembelajaran praktik kejuruan yang berkualitas sehingga dapat menjadi sekolah penggerak bagi pengembangan SMK lainnya.

“Saat ini sedang berjalan pembangunan hotel yang direncankan berbintang 3 dengan nilai Rp 1.565.300.000, peralatan perhotelan Rp 610.021.000, pekerjaan non fisik Rp 199.079.000, untuk penguatan kualitas pembelajaran berbasis industri. Total bantuan selurujnya Rp. 2.374.400.000, dari APBN tahun 2020,” imbuhnya.

Pantauan SGM di SMKN 1 Sidikalang, pekerjaan pembangunan hotel sedang berjalan. Selain itu, pihak SMKN 1 Sidikalang juga sudah melaksanakan workshop selama 3 hari, dihrapkan memberikan kemampuan dan kesiapan terhadap seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di SMKN 1 Sidikalang. (DM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *