Suara Generasi Muda
Bupati Dairi Bagikan Bantuan Benang Ulos Kepada Penenun Ulos Silahisabungan

Bupati Dairi Bagikan Bantuan Benang Ulos Kepada Penenun Ulos Silahisabungan

Silalahisabungan (SGM)

Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membagikan bantuan Benang Ulos kepada para Penenun Ulos Silahisabungan pada Senin (26/10/2020) di Balai Desa Silalahi II. Dalam sambutannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Pemerintah telah melakukan upaya untuk memulihkan keberlangsungan industri kerajinan dan kreatif khususnya di masa Pandemi Covid-19 ini. Berbagai strategi yang dilakukan dalam upaya pemulihan tersebut dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu antara lain pemberian stimulus kepada UMKM dan Koperasi, pelatihan dan pendampingan bagi UMKM untuk peningkatan kualitas produksi dan pemasaran.

Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM pada saat ini dikatakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melalui dana Belanja Tidak Terduga (BTT) dalam rangka penanggulangan dampak ekonomi akibat covid-19 telah melakukan berbagai kegiatan yang tujuannya bagaimana agar UKM dan IKM di Kabupaten Dairi dapat bertahan, antara lain dengan pemberdayaan para penjahit untuk pembuatan masker dan pemberdayaan kepada para penenun ulos di Silahisabungan dengan memberikan bantuan benang ulos.

“Bantuan benang ulos ini adalah sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Dairi kepada pengrajin tenun ulos yang terdampak akibat pandemi covid-19. Bantuan yang akan diberikan ini kiranya dapat membantu para pengrajin untuk terus berproduksi di masa pandemi covid-19 ini,” harap Beliau.

Diutarakan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu bahwa Pemerintah Kabupaten Dairi tidak henti-hentinya memberikan perhatian kepada Kecamatan Silahisabungan sebagai bagian dari Geopark Caldera Toba terutama pada masa pandemi covid-19.
Dengan adanya bantuan benang ulos tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengharapkan para penenun di Kabupaten Dairi khususnya Kecamatan Silahisabungan dapat kembali berproduksi mengembangkan kerajinan Tenun Ulos.

“Kepada para OPD, instansi vertikal, lembaga perbankan yang ada di Kabupaten Dairi agar menguatamakan membeli produk UMKM dan IKM termasuk Tenun sebagai bentuk ikut memasarkan dan mempromosikan hasil kerajinan Kabupaten Dairi,” pungkas Beliau dalam sambutannya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Dairi Oloan Hasugian, ST dalam laporannya mengatakan penerima bantuan benang ulos terdapat sebanyak 265 orang pengrajin ulos yang ada di Kabupaten Dairi. 265 orang pengrajin tersebut diantaranya untuk Kecamatan Silahisabungan sebanyak 250 pengrajin; Kecamatan Sidikalang sebanyak 10 pengrajin; Kecamatan Parbuluan 2 pengrajin, Kecamatan Siempat Nempu Hulu sebanyak 1 pengrajin; Kecamatan Tigalingga sebanyak 1pengrajin; Kecamatan Sitinjo sebanyak 1 pengrajin.

Turut hadir dalam pembagian bantuan benang ulos tersebut Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Camat Silahisabungan Hamaska Silalahi dan Kepala Desa Silalahi II. (DM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *