Suara Generasi Muda
Bupati Dairi Bagikan Kursi Roda dan Tongkat Kepada Penyandang Disabilitas yang ada di Dairi

Bupati Dairi Bagikan Kursi Roda dan Tongkat Kepada Penyandang Disabilitas yang ada di Dairi

Sidikalang (SGM)

Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu membagikan alat bantu berupa kursi roda dan tongkat bagi para penyandang disabilitas yang ada di Dairi, Rabu (11/11/2020) di kantor Dinas Sosial Kabupaten Dairi.

Pembagian kursi roda dan tongkat tersebut turut dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Ny. Romy Mariani Eddy Berutu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dairi Drs. Parulian Sihombing para Camat se-Kabupaten Dairi dan Ketua DPC Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPDI) Kabupaten Dairi Asmen Sihotang.

Dalam arahannya, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan hingga saat ini kelompok penyandang disabilitas sadar atau tidak sadar masih dikesampingkan dalam desain dan implementasi pembangunan. Dikatakannya, Penyandang disabilitas cenderung menjadi kelompok masyarakat dengan kerentanan yang tinggi untuk tereksklusi dalam pembangunan.

“Terpinggirkan, tidak ikut. Mereka tidak hanya tereksklusi untuk menikmati hasil dari pembangunan, tapi juga tidak mendapat kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan. Hal ini yang akan menjadi perhatian kita,” ujarnya.

Disampaikannya, penyandang disabilitas cenderung mempunyai kualitas hidup yang lebih rendah dibandingkan dengan para non disabilitas dan sadar atau tidak sadar hal itulah yang terjadi disekitar lingkungan masyarakat saat ini. Eddy juga mengatakan bahwa di RSUD Sidikalang telah tersedia fasilitas khusus untuk para penyandang disabilitas seperti di toilet sehingga para penyandang disabilitas dapat melakukan aktifitas secara mandiri.

“RSUD Sidikalang telah tersedia fasilitas penyandang disabilitas. Hal ini menunjukkan kemartabatan kita dan keberpihakan kita kepada saudara-saudara kita sehingga mereka juga bisa mandiri,” jelas Beliau.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dairi, Parulian Sihombing dalam laporannya mengatakan untuk jumlah alat bantu yang diserahkan sebanyak 30 unit berupa kursi roda maupun tongkat dimana penerima alat bantu tersebut terdapat sebanyak 2 orang per Kecamatan se-Kabupaten Dairi dengan rincian satu orang penerima kursi roda dan satu orang penerima tongkat. (DM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *