Suara Generasi Muda
Percepatan Akta Lahir, Dukcapil Dairi Kunjungi Puskesmas Silalahi dan Sumbul

Percepatan Akta Lahir, Dukcapil Dairi Kunjungi Puskesmas Silalahi dan Sumbul

Sumbul (SGM)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dairi melakukan kunjungan ke Puskesmas Silalahi dan Puskesmas Sumbul, Senin (8/2/2021). Kunjungan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi Deddy Situmorang SE M.Si yang disambut dengan baik oleh Kepala Puskesmas Silalahi Duma Ratnawati pangaribuan, Str.Keb, MKM dan Kepala Puskesmas Sumbul dr. Lois Oberlin Sihombing.

Dalam kunjungannya, Kepala Dinas Deddy Situmorang menjelaskan kehadirannya adalah untuk memonitoring penggunaan dan penerapan aplikasi Perkebbas dalam percepatan penerbitan Akta Kelahiran di seluruh Puskesmas Se-Kabupaten Dairi.

“Kunjungan kami ke setiap puskesmas ini merupakan tindaklanjut kerjasama antara Dinas Dukcapil Dairi dengan seluruh Puskesmas di Kabupaten Dairi yang telah ditandatangani pada 8 Oktober 2020 yang lalu, dimana melalui kerjasama tersebut diharapkan di seluruh Puskesmas dapat melayani masyarakat dalam urusan dokumen administrasi kependudukan khususnya dalam penerbitan Akta Kelahiran”, ujarnya.

Deddy Situmorang juga menambahkan bahwa kerjasama dengan Puskesmas ini merupakan komitmen yang serius dan sungguh-sungguh dari Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dalam melakukan perubahan cara kerja dan pelayanan kepada Masyarakat Dairi untuk mewujudkan Dairi Unggul. Ia paparkan bahwa saat ini Pelayanan Administrasi Kependudukan bukan hanya di Dinas Dukcapil dan Kantor Camat, namun sudah hadir di puskesmas untuk melayani masyarakat khusunya dalam pelayan Akta Kelahiran sehingga diharapkan pelayanan adminduk dapat lebih dekat dengan masyarakat.

“Dalam pelayanannya, seluruh Puskesmas mempergunakan aplikasi perkebbas untuk sarana mempermudah dan mempercepat pelayanan yang dilakukan”, tuturnya.

Kepala Puskesmas Silalahi di dampingi pegawai lainnya di ruang kerjanya mengatakan akan mempergunakan aplikasi perkebbas dalam penerbitan akta kelahiran bagi masyarakat yang melakukan persalinan sehingga selesai bersalin akan menerima akta kelahiran anaknya.

“Kami sangat apresiasi atas penerapan perkebbas sebagai percepatan pelayanan adminduk di puskesmas khususnya dalam penerbitan akta kelahiran. Kami akan sungguh-sungguh mempergunakan aplikasi tersebut untuk mendukung terwujudnya Dairi Unggul. Ini merupakan inovasi dan terobosan yang luar biasa dalam pelayanan publik”, ucapnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Sumbul juga mengatakan hal yang sama terkait penerapan perkebbas yang akan dipergunakan dalam melayani masyarakat di wilayah Kecamatan Sumbul. “Aplikasi Perkebbas ini akan kami pergunakan dalam menerbitkan akta kelahiran bagi masyarakat yang bersalin di puskesmas ini. Kami siap mendukung dan menerapkannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat”, imbuhnya. (RS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *