Suara Generasi Muda
Bupati Dairi Buka Kegiatan Pelayanan ‘Jempol’ di Desa Bintang

Bupati Dairi Buka Kegiatan Pelayanan ‘Jempol’ di Desa Bintang

Sidikalang (SGM)

Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu secara resmi membuka kegiatan pelayanan Jemput Bola (jempol), sebuah program yang diinisiasi oleh dinas kependukan dan catatan sipil kabupaten Dairi bertempat di kantor kepala desa Bintang, Selasa (02/03/2021).

Kegiatan yang dihadiri oleh kepala dinas kependukan dan catatan sipil (disdukcapil) kabupaten Dairi Deddy Dharma Putra Situmorang SE MSi, Camat Sidikalang Robot Simanullang MAP, Kepala Desa Bintang Aladin Sinaga, para petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta para warga desa Bintang ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya administrasi kependudukan.

Bupati Dairi Dr Eddy Berutu dalam arahannya menjelaskan kegiatan Jempol ini merupakan salah satu upaya pemerintah kabupaten Dairi untuk meningkatkan kualitas layanan administrasi di kabupaten Dairi sehingga pemenuhan kepemiilikan identitas penduduk bagi setiap penduduk melalui penerbitan dokumen kependudukan dapat dilakuakn secara cepat dan tepat.

“Ini merupakan salah satu Hak rakyat. Termasuk didalamnya hak masa depan. Apabila administrasi kependudukan kita lengkap, itu akan tercermin dalam dokumen negara, sehingga semua fasilitas dari pemerintah termasuk bantuan seperti dimasa pandemi saat ini kita berhak menerimanya,” kata Bupati.

“Hak tersebut berkembang terus oleh karena itu harus selalu di update dan diperbaharui, sebab fasilitas dan perhatian pemerintah pun akan disesuaikan juga antinya.
Bila kita tidak memeiliki data kependuduka yang lengkap, maka hak-hak yang mestinya kita dapatkan, tidak akan kita dapatkan,” tambah Bupati

Bupati menambahkan, pentingnya kesadaran masyarakat akan data-data kependudukan itu. Masyarakat dan dinas terkait harus saling singkron dan saling melengkapi. Apabila data masyarakat lengkap namun pelayanan tidak baik, maka tidak singkron. Untuk itulah Disdukcapil bekerja maksimal dan sebak-baiknya melalaui kegiatan pelayanan si jempol ini.

“Pelayanan si Jempol tahun lalu sudah bergerak dan tuntas dilakukan di 30 desa. Tahun ini target Disdukcapil ada 43 desa akan tercover. Jadi kita harus manfaatkan keberadaan Disdukcapil hari ini,” tambah Bupati.

Tidak lupa, Bupati dalam arahannya juga menginformasikan kepada seluruh masyarakat Desa Bintang bahwa saat ini ada aplikasi ‘Perkebbas’ berbasis online yang dibangun dan dikembangkan untuk digunakan seluruh masyarakat Dairi dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan secara online.

Sebelumnya, Kepala dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Dairi, Deddy Dharma Putra Situmorang SE MSi menjelaskan, kegiatan pelayanan Jempol ini dimaksudkan agar target cakupan kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Dairi bisa tercapai. Selain itu kata Deddy kegiatan tersebut juga meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan.

“Administrasi dan data kependudukan itu luas, tidak hanya soal KTP, namun program jempol ini juga memberikan layanan dan kemudahan pengurusan Kartu Keluarga, Perekaman dan pencetakan e-KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran, Akta Perkawinan dan juga Akta Kematian. Jadi bagi masyarakat, mari manfaatkan momen pelayanan ini untuk mengurus dan memperbaharui data kependudukan kita,” ajak Deddy.

Diakhir kegiatan, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu secara simbolis menyerahkan kartu identitas dan data kependudkan warga berupa e-KTP, KIA, Kartu Keluarga, Akta Nikah kepada warga Desa Bintang. (DM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *