Suara Generasi Muda
Terima Bantuan Stimulan dari Perpusnas Perpustakaan Desa di Dairi Diharapkan Berbenah

Terima Bantuan Stimulan dari Perpusnas Perpustakaan Desa di Dairi Diharapkan Berbenah

Sidikalang (SGM)

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Dairi menyelengarakan sosialisasi Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Rabu (24/3/2021) di aula Perpustakaan Dairi. Sosialisasi dipimpin Consultan Perpustakaan Nasional RI M Romly didampingi Kasie Pemberdayaan SDM Suriadi SSos MSi dan Pustakawan Ahli Madya Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumut Chandra Silalahi.

Disampaikan Romly, Perpustakaan saat ini sudah menambah fungsi sebagai fasilitasi terhadap masyarakat untuk mendapatkan berbagai ilmu yang akan diterapkan setiap hari, menambah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Perpustakaan sebagai fasilitator, bekerja sama dengan berbagai komunitas dan lembaga lainnya, mengembangkan berbagai kegiatan yang dapat menambah dan meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkan Romly, Perpusnas RI memberikan apresiasi kepada perpustakaan desa yang dapat mengelolanya dengan baik. Apresiasi disampaikan berupa bantuan stimulan, mulai dari komputer 2 unit, orinter 1 unit, smart tv 1 unit, rak buku 1 unit, buku 500 eks dengan 250 judul serta modem dan kuota internet 1 paket direncanakan akan realisasi Agustus mendatang.

“Disamping mendapatkan bantuan stimulan, pengelola perpustakaan desa akan mendapatkan bimbingan teknis atau pelatihan strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial dan pendampingan dan pembinaan secara berkelanjutan pasca mengikuti pelatihan atau bimtek,” tambah Romly.

Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Dairi, Fatimah Boang Manalu SPd MSi menyampaikan, pihaknya mengajukan 6 desa yang akan menerima manfaat stimulan, namun realisasi hanya 3 desa. Dia harapkan, ke depannya seluruh desa di Dairi dapat menerima mafaat sesuai dengan aturan yang diberikan Perpusnas RI.

“Kejari Dairi juga mau meminta ke Perpusnas bantuan pojok baca digital seperti yang di Disdukcapil. Sekaitan dengan fungsi Perpustakaan, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan layanannya mengjangkau semua lapisan masyarakat,” sebut Fatimah.

Usai pelaksanaan sosialisasi yang dihadiri berbagai komunitas literasi di Dairi, tim berangkat menunju Desa Sungai Raya, Kecamatan Siempat Nempu Hulu, melakukan peninjauan perpusatakaan desanya. Selaian pengecekan Perpusatakaan Desa, tim juga memeriksa vokasi binaan Desa Sungai Raya, dengan usaha pembuatan lemang dan wajit.

Kepala Desa Sungai Raya, Luat Simanullang menyampaikan rasa syukur dan terimakasih atas bantuan stimulan yang diterima TBM Sumber Ilmu Desa Sungai Raya. Menurutnya, hal itu merupakan solusi untuk menarik minat baca masyarakat yang makin menurun.

“Situasi sekarang masyarakat sudah mulai terlena dengan bantuan yang sifatnya sementara dihabiskan sesaat tanpa bekas. Program ini nantinya akan mengembalikan tujuan pembangunan yang berkesinambungan,” ujarnya.

Ditambahkannya, lewat program bantuan yang disertai ajakan untuk membaca, tentu sifatnya provid atau income tetapi lebih dititik beratkan pada jangka panjang. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *