Suara Generasi Muda

Bupati Dairi Ikuti Diskusi Publik Seminar Konsorsium Permampu

Sidikalang (SGM)

Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu memberikan tanggapan sekaligus apresiasi terhadap seminar yang dilakukan oleh Konsorsium Perempuan Sumatera Mampu (Permampu). Seminar secara virtual diikuti Bupati Dairi bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan dr Ruspal Simarmata, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Dairi, diwakili Lundu Pakpahan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Dairi, Hotmaida Butar-butar ST, Senin (31/08/2020) di ruang rapat Bupati Dairi.

Bupati Dairi, menanggapi perempuan yang bergabung dalam Permampu dapat memberikan kontribusi yang besar dalam program Advokasi Hak dan Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) untuk perempuan yang ada di pulau Sumatera.

“Saat ini berbagai permasalahan seperti masalah perkawinan anak dan reproduksi menjadi masalah perempuan, untuk itu kita harus memberikan pelajaran tentang HKSR sehingga kita mampu meningkatkan perempuan muda yang memiliki masa depan yang cerah,” ujarnya,

Ditambahkannya, perayaan hari anak tahun 2019 lalu, Pemkab Dairi mengapresiasi kegiatan yang berhubungan dengan HKSR yang telah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan untuk tahun 2020, Pemkab Dairi melalui program perlindungan perempuan juga melaksanakan sosialisasi pembelajaran terhadap perempuan selama 3 hari.

“Sosialisasi kita harapkan dapat memahami dan melaksanakan serta membangun kesepakatan bersama dengan pendalaman perspektif dan pengetahuan tentang gender, demikian juga isu HKSR dan penerapannya di Dairi,” tuturnya seraya menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Permampu karena telah memahami berbagai masalah yang dihadapi anak dan remaja saat ini.

Pembicara dari Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Ir Agustina Erni MSc, melalui video conference (Vidcon) menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada para perempuan-perempuan yang bergabung dalam Permampu.

“Berbicara tentang kesehatan reproduksi dan seksual merupakan polemik yang harus dihadapi bersama. Mari kita bersatu dan memberikan pelajaran kepada anak remaja dan perempuan tentang apa itu HKSR dan persiapan yang dilakukan sebelum melakukan pernikahan,” pintanya. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *