Suara Generasi Muda

Pelatihan Pengolahan Makanan Ringan UP2K Desa Silalahi I Berakhir

Sidikalang (SGM)

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Dairi Romy Mariani Simarmata menutup secara resemi pelatihan pengolahan makanan ringan Rabu (9/9/2020) di Desa Silalahi I, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Pelatihan tersebut diselenggarakan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Perindagkop UKM) Dairi di Desa Binaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Silalahi I selama 2 hari.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Dairi mengatakan, hasil pelatihan pengolahan makanan ringan sangat luar biasa, mulai pembuatan keripik pisang dan bawang goreng.

“Untuk bawang goreng misalnya, saya melihat bahan bakunya sangat bagus dan hasil pelatihan selama 2 hari ini sangat hebat,” ujarnya.

Ketua Dekranasda juga menyarankan supaya peserta melengkapi bagian dari proses saat pengemasan makanan. Diutarakannya, UP2K Desa Silalahi melengkapi label untuk produk bawang goreng maupun keripik pisang, sehingga produk tersebut dapat dipasarkan.

“Bawang goreng dan keripik pisang ini akan lebih mudah dipasarkan jika ada labelnya. Bahan baku pengolahan makan kita memiliki keuntungan karena didapatkan di alam Silalahi,” tambahnya.

Ditambahkannya, UP2K Desa Silalahi I agar membentuk kelompok sesuai dengan produk olahan makanan ringan yang diproduksi. Selain pemberian label pada hasil olahan makanan ringan, harus mempersiapkan izin produksi serta masa berlaku makanan. Diharapkan, Disperindagkop dan UKM Dairi membantu memfasilitasi kelompok UP2K Desa Silalahi I dalam pemenuhan berbagai ketentuan.

“Seluruh anggota UP2K Desa Silalahi I harus memiliki komitmen yang tinggi, sehingga dapat tetap bertahan dan menghasilkan produk olahan makanan ringan yang menjadi potensi di Silalahi,” pintanya seraya menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan untuk pengolahan makanan ringan dari Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Dairi kepada kelompok UP2K Desa Silalahi I.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Dairi Oloan Hasugian mengatakan, pelatihan tersebut tidak berhenti namun akan keberlanjutan. Disampaikannya, Disperindagkop dan UKM Dairi siap berkoordinasi dengan UP2K Desa Silalahi I. (DM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *